Rabu, 08 Februari 2012

Pertolongan Pertama pada AC bermasalah

Hatchiiim... Hatchiiim...
sroooot.. fuhhhh..
repot juga kalau harus ke kamar mandi bolak-balik.
Dari kemarin sudah muncul gejala. Dan sudah dicoba antisipasi dengan menenggak 2 tablet obat flu sekaligus + malamnya nenggak satu. Tapi sepertinya tidak ada guna sebab pagi ini malah semakin menjadi.
Hadeuuuuh...

Suara mulai berubah dan badan meriang, lalu lidah merasakan segalanya terasa hambar.

Batin pun mulai membatin... bertanya-tanya kepada akal apa yang diinginkan si tubuh agar ia mau menghentikan protesnya dan kembali bugar...  tunduk kapada diri sebagaimana mestinya.
Finally.. setelah meneguk air hangat dan tidur sambil merasakan kerja si balsem dileher...
protes si tubuh bisa sedikit diredam.
Meriang sudah hilang.. tinggal flu dan tenaga yang butuh dipulihkan.

Sementara kondisi belum pulih total... memoar ini terus berlanjut selagi ada kesempatan waktu dan kuota di modem. Semoga nanti tubuh ini bisa pulih kembali seperti ac yang bertiup perlahan itu... menyejukkan apa yang ada disekelilingnya.


PERAWATAN AC
Gejala Perawatan
Kendali dengan Remote tidak fungsi
  1. Periksa cahaya sensor pada remote. (bisa dilihat menggunakan kamera handphone, sambil dipencet salah satu tombol di remote.) Jika saat tombol ditekan, cahaya muncul maka remote dalam kondisi baik, tapi jika tidak muncul cahaya atau cahaya malah muncul terus tanpa ditekan tombolnya berarti remote bermasalah. 
  2. Periksa Baterai remote. (bisa dicek tegangan menggunakan multitester)
  3. Periksa sensor yang terdapat pada unit AC indoor (biasanya terjadi korosi pada kaki sensor, solder ulang dan pastikan kaki sensor terhubung dengan baik).
Air netes atau rembes
  1. Periksa saluran atau parit pembuangan pada unit AC indoor. (Pastikan lubang yang menuju selang pembuangan tidak tersumbat).
  2. Periksa posisi unit AC indoor. (Pastikan posisinya tidak miring kearah yang berlawanan dengan lubang selang pembuangan).
  3. Periksa selang pembuangan. (Pastikan tidak tersumbat dan posisi selang lebih rendah dibanding unit AC).
Kurang dingin
  1. Periksa kebersihan filter unit AC indoor dan outdoor. (Bersihkan jika terdapat kotoran debu yang sudah menumpuk)
  2. Periksa  arus kerja unit di outdoor apakah sesuai dengan yang tertera pada stiker di unit outdoor. (bisa diperiksa menggunakan tang ampere pada kabel sumber tegangan dari indoor ke outdoor). Jika arus kerja nya kurang dari standard di stiker maka bisa ditambahkan freon, namun jika arus yang terukur lebih besar maka kurangi freonnya. (apa itu freon? cari di google)

Dibawah ini video cara perewatan ac, mas bro... sok atuh di pantau.


Yang kurang jelas atau mau protes silahkan PM ke FB saya...